Dapatkah Akupunktur Memperlakukan Infertilitas?

Akupunktur adalah jenis pengobatan alternatif. Ini berasal dari China, tetapi sekarang dipraktekkan di seluruh dunia. Akupunktur dapat memberikan beberapa manfaat bagi orang yang mengalami ketidaksuburan, terutama bila dikombinasikan dengan obat tradisional. Ini dapat membantu:

    menghilangkan stres
    mengatur ketidakseimbangan hormon
    meningkatkan aliran darah ke uterus dan ovarium

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan akupunktur untuk infertilitas.
Apa yang dikatakan oleh penelitian itu?

Tidak ada bukti konklusif untuk mendukung penggunaan akupunktur untuk pengobatan infertilitas. Beberapa penelitian menunjukkan sedikit tidak bermanfaat. Penelitian lain melaporkan hasil yang signifikan dan positif.

Akupunktur menantang untuk dipelajari. Ada berbagai jenis akupunktur, termasuk:

    titik pemicu akupunktur
    akupunktur aurikularis
    akupunktur tradisional Cina
    moksibusi

Setiap jenis menggunakan teknik unik. Akupunktur juga dapat digunakan sebagai perawatan mandiri, dalam hubungannya dengan obat-obatan herbal, atau di samping perawatan medis standar. Semua faktor ini lebih lanjut mempengaruhi hasil belajar.

Dalam tinjauan sistematis, peneliti menganalisis data dari beberapa percobaan acak terkontrol. Mereka menemukan beberapa bukti bahwa akupunktur meningkatkan menstruasi dan ovulasi pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik ketika digunakan sendiri. Para peneliti juga menemukan sedikit perbaikan pada kadar hormon ketika akupunktur digunakan selain obat-obatan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa akupunktur meningkatkan angka kehamilan pada wanita yang menerima perawatan teknologi reproduksi yang dibantu. Namun, meta-analisis dan tinjauan sistematis tidak menemukan bukti bahwa akupunktur meningkatkan hasil untuk wanita yang menggunakan fertilisasi in vitro (IVF).

Sebuah analisis yang sangat kecil dari dua pria dengan varikokel, jenis umum infertilitas pria, melihat pada penggunaan akupunktur untuk pengobatan infertilitas pria. Hasil studi menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi suhu skrotum bila digunakan dengan obat herbal dan bentuk pengobatan tradisional Korea lainnya. Studi ini sangat kecil. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara akupunktur dan kesuburan laki-laki.
Akupunktur dan stres

Infertilitas dan rencana perawatan untuk infertilitas bisa membuat stres. Stres kronis dapat berdampak negatif terhadap hasil kehamilan. Akupunktur dapat membantu mengurangi stres, yang pada gilirannya, dapat meningkatkan hasil kehamilan.
Apa yang diharapkan

Ahli akupuntur Anda harus menjadi profesional berlisensi. Komisi Sertifikasi Nasional untuk Akupunktur dan Pengobatan Oriental memiliki database nasional akupunkturis berlisensi yang dapat Anda gunakan.

Klinik infertilitas sering memiliki ahli akupunktur. Orang lain bekerja sama dengan profesional berlisensi yang dapat mereka rekomendasikan.

Ahli akupunktur menggunakan jarum yang dengan lembut mereka masukkan ke titik akupuntur. Acupoints adalah area di tubuh di mana dipercayai aliran energi tubuh, atau Qi, dapat dirangsang. Merangsang Qi dianggap mempromosikan penyembuhan.

Penggunaan sekali pakai ini memerlukan penggunaan akupunktur berlisensi Anda harus:

    terbuat dari stainless steel
    punya pegangan
    menjadi steril
    digunakan hanya sekali

Ahli akupunktur berlisensi akan bekerja di lingkungan yang sangat bersih dan akan mematuhi semua peraturan FDA mengenai jarum.

Pada kunjungan pertama Anda, ahli akupunktur Anda akan melakukan penilaian holistik dan menanyakan tentang riwayat dan gejala medis Anda. Mereka akan mengajukan lebih banyak pertanyaan daripada yang Anda harapkan, dan beberapa mungkin tampaknya tidak terkait dengan kesuburan. Biarkan mereka tahu tentang pekerjaan darah atau tes medis apa pun untuk infertilitas yang Anda miliki. Hasil dari tes ini akan diperhitungkan ketika rencana perawatan Anda ditentukan. Jumlah kunjungan yang Anda butuhkan juga akan dibahas.

Jika Anda memiliki fertilisasi in-vitro atau jenis teknologi reproduksi terbantu lainnya, ahli akupunktur dan dokter Anda saat ini harus mengkoordinasikan perawatan. Perawatan akupunktur kadang-kadang waktunya bertepatan dengan transfer embrio selama IVF.

Anda mungkin diminta untuk mengenakan pakaian longgar atau gaun rumah sakit selama akupunktur. Perhiasan Anda juga bisa dihapus. Beberapa ahli akupunktur mungkin meminta Anda menahan diri dari makan atau minum apa pun yang mungkin menodai lidah atau bagian dalam mulut Anda.

Jarum yang digunakan untuk perawatan hampir setipis rambut dan sangat fleksibel. Anda mungkin merasakannya disisipkan, tetapi seharusnya tidak menyakitkan. Selama perawatan, Anda mungkin menjadi sangat rileks atau tertidur. Kadang-kadang, pusing atau mual dapat terjadi selama perawatan pertama.

Anda mungkin diminta untuk menjadwalkan satu atau lebih janji seminggu awal. Frekuensi kunjungan biasanya menurun seiring waktu.
Risiko

Memilih ahli akupunktur berpengalaman dan berlisensi adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko komplikasi. Penting juga untuk mendiskusikan riwayat medis lengkap Anda dengan ahli akupunktur Anda. Itu termasuk masalah medis yang tidak terkait dengan infertilitas. Beberapa kondisi, seperti gangguan pendarahan, dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Seorang dokter terkemuka hanya akan menggunakan jarum sekali pakai yang steril. Itu mengurangi risiko infeksi Anda.

Ada kemungkinan bahwa seorang praktisi mungkin mendorong jarum terlalu jauh, tetapi hanya ada sedikit risiko cedera. Pastikan semua jarum dilepaskan sebelum Anda meninggalkan kantor.
Bawa pulang

Akupunktur dapat membantu mengobati ketidaksuburan. Penelitian tidak meyakinkan tentang bagaimana akupunktur yang bermanfaat sebagai pengobatan untuk infertilitas. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang akupunktur. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah Anda kandidat yang baik untuk perawatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar