Impotensi dan Pemulihan dari Bedah Prostat

Kanker prostat

Kanker prostat mempengaruhi sekitar 1 dari 7 pria. Untungnya, itu sangat bisa diobati, terutama jika tertangkap awal.

Perawatan dapat menyelamatkan nyawa, tetapi juga dapat menyebabkan efek samping yang serius. Salah satu efek samping yang paling umum adalah impotensi, juga dikenal sebagai disfungsi ereksi (DE).
Apa itu ED?

Ereksi tercapai ketika otak mengirim sinyal gairah seksual ke saraf di penis. Saraf kemudian menandai pembuluh darah di penis untuk mengembang. Aliran darah ke penis meningkat dan membuatnya ereksi.

DE adalah kondisi yang terjadi ketika seorang pria tidak dapat mencapai ereksi atau mempertahankan ereksi cukup lama untuk melakukan hubungan seksual atau mencapai orgasme. Emosi dan masalah dengan sistem saraf, pembuluh darah, dan hormon dapat menyebabkan DE.
Pembedahan untuk kanker prostat dan DE

Kanker prostat cenderung menjadi kanker yang tumbuh lambat. Pembedahan bisa menjadi pilihan yang baik jika dokter Anda yakin kanker terkandung dalam kelenjar prostat. Pembedahan juga tergantung pada usia, kesehatan secara keseluruhan, dan faktor lainnya.

Prostatektomi radikal melibatkan pengangkatan kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah kelenjar berbentuk donat yang mengelilingi uretra tepat di bawah kandung kemih. Uretra membawa urin dan air mani keluar dari tubuh melalui penis.

Ada beberapa risiko yang terkait dengan operasi. Dua bundel kecil saraf di kedua sisi prostat rentan terhadap cedera selama operasi. Suatu jenis operasi yang disebut bedah "saraf hemat" dimungkinkan. Ini tergantung pada ukuran dan lokasi kanker.

Pembedahan mungkin memerlukan pengangkatan beberapa saraf jika ada kemungkinan kanker telah menyerang satu atau kedua set saraf. Jika kedua set saraf dihilangkan, Anda mungkin tidak dapat mencapai ereksi tanpa bantuan peralatan medis.
Pemulihan

Setelah operasi, Anda mungkin mengalami DE selama beberapa minggu, setahun, atau lebih lama. Itu karena operasi dapat melukai saraf, otot, dan pembuluh darah yang terlibat dalam mendapatkan ereksi.

Ada juga faktor lain yang mempengaruhi DE selama pemulihan. Jadi, sulit memprediksi pemulihan Anda sendiri. Cedera pada jaringan saraf selama prostatektomi radikal dapat menyebabkan pemulihan yang lebih lama. Jika Anda mengalami DE sebelum operasi, itu tidak akan diselesaikan setelah operasi.

Perbaikan dalam teknik bedah prostat telah menghasilkan hasil yang jauh lebih baik bagi banyak pria. Fungsi ereksi yang lebih sehat sebelum operasi juga dapat membantu memprediksi hasil yang lebih baik. The Prostate Cancer Foundation melaporkan bahwa sekitar setengah dari pria yang menjalani operasi saraf hemat akan mendapatkan kembali fungsi pra-operasi mereka dalam tahun pertama setelah operasi.

Faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi kesehatan seksual Anda, termasuk:

    usia yang lebih tua
    penyakit kardiovaskular
    diabetes
    merokok
    kegemukan
    konsumsi alkohol berlebihan
    gaya hidup menetap

Gaya hidup yang sehat dapat mengarah pada pemulihan yang lebih baik untuk fungsi ereksi dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.
Pengobatan ED

Obat atau perangkat dapat membantu pemulihan ED setelah operasi. Obat ED populer, seperti sildenafil (Viagra) dan tadalafil (Cialis) bisa efektif. Sekitar 75 persen pria yang menjalani saraf menghindar prostatektomi radikal dapat mencapai ereksi sukses dengan obat-obatan ini. Jika Anda memiliki kondisi jantung, dokter Anda mungkin tidak merekomendasikan penggunaan obat-obatan ED karena risiko komplikasi serius.

Pria yang tidak bisa atau tidak ingin minum obat untuk DE dapat mempertimbangkan perangkat penyempitan vakum, juga dikenal sebagai pompa penis vakum. Segel vakum ditempatkan di sekitar penis untuk membantu memaksa darah masuk ke penis. Cincin karet yang diletakkan di pangkal penis membantu menjaga segel tetap ketat. Perangkat ini efektif untuk sebagian besar pengguna.

Sebuah tabung fleksibel yang dimasukkan ke dalam pembedahan adalah pilihan lain untuk mengobati DE. Sebuah tombol kecil dimasukkan ke dalam testis. Tombol ini ditekan berulang kali dari luar untuk memompa cairan ke dalam tabung. Ini menyebabkan ereksi. Pilihan ini umumnya ditoleransi dengan baik dan efektif, tetapi masalah kesehatan mungkin tidak menjadikannya solusi yang tepat untuk setiap orang.

Memahami pilihan pengobatan DE Anda sebelum operasi dapat membantu mengurangi kecemasan pra-operasi. Berbicara dengan dokter Anda mungkin meyakinkan. Anda juga mungkin ingin menjangkau pria lain dalam kelompok pendukung kanker prostat.
Bicaralah dengan dokter Anda

Pembedahan prostat bisa menyelamatkan nyawa. Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua pilihan pengobatan Anda jika Anda telah didiagnosis menderita kanker prostat. Selain itu, pertimbangkan untuk mendapatkan pendapat kedua yang dapat mengonfirmasi rekomendasi dokter Anda atau memberi Anda opsi lain. Dokter Anda mungkin akan memahami minat Anda untuk mengumpulkan lebih banyak fakta dan perspektif.

Menyingkirkan kanker adalah yang paling penting. Tetapi Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang kembali ke aktivitas seksual setelah perawatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar